Teknologi

Kelebihan dan Keunggulan TV LCD

Televisi LCD, meskipun memiliki jenis layar dengan kesulitan ilmiah yang melekat, telah meningkat menjadi pemimpin pasar di dunia multimedia. Membeli televisi selalu menimbulkan perdebatan tentang apakah ‘ke LCD, atau tidak ke LCD … itu pertanyaannya’! Hari ini kami mengeksplorasi dengan tepat apa yang membuat televisi LCD menjadi ‘centang’, dan apakah teknologi tampilan akan menjadi yang tepat untuk preferensi tontonan Anda.

Bagaimana Cara Kerja Televisi LCD?

LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display; panel tampilan pada TV LCD menggunakan film kristal dalam cairan kental, dengan cahaya yang melewatinya atau terhalang, untuk menampilkan gambar. Ini adalah teknologi yang sama (walaupun pada tingkat yang sama sekali berbeda) seperti yang digunakan pada jam alarm Anda.

Panel TV LCD menggunakan dua buah filter plastik terpolarisasi, dengan lapisan kristal cair sensitif listrik di antara keduanya. Ketika tegangan diterapkan ke piksel, kristal berubah pada suatu sudut. Cahaya terpolarisasi yang bergerak dari lampu latar tidak dapat melewatkan piksel terpolarisasi pada sudut yang tepat ke cahaya, sehingga piksel ‘mati’ dibuat secara efektif. Filter merah, biru dan hijau disertakan, untuk menunjukkan berbagai warna cahaya.

Keuntungan dari teknologi LCD

Teknologi LCD memiliki satu keuntungan besar – yaitu efektivitas biaya dalam manufaktur. Setiap layar televisi LCD dipotong dari layar tampilan kristal cair besar yang telah direkayasa sebelumnya. Dengan setiap generasi manufaktur, proses ditingkatkan untuk membuat lembaran tunggal lebih besar dan lebih besar, meningkatkan efektivitas biaya. Faktor lain yang membuat teknologi LCD lebih baik daripada plasma, televisi proyeksi belakang DLP, atau perangkat sinar katoda meliputi:

* Layar terbuat dari plastik bukan kaca, sehingga lebih ringan dan tidak rapuh

* Pembakaran layar tidak menjadi masalah

* Definisi tepi untuk piksel jauh lebih baik daripada titik fosfor bercahaya yang digunakan oleh teknologi plasma – sehingga gambar lebih tajam.

Kredensial hijau adalah bagian besar dari alasan banyak konsumen membeli televisi LCD. Meskipun perbedaan konsumsi energi antar merek relatif kecil, perbedaan antar teknologi cukup signifikan. Kedua set balok plasma dan katoda menggunakan daya dua kali lebih banyak daripada layar LCD dengan ukuran yang sama. Tampaknya dengan efisiensi biaya TV LCD, para peneliti akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk meningkatkan teknologi – jadi LCD adalah jalan masa depan. Ini memang siap HD, murah, ringan, tahan lama, menawarkan definisi hebat dan menggunakan daya lebih sedikit daripada jenis lainnya.

Keuntungan Teknologi LCD

Televisi LCD memiliki kekurangan, itulah sebabnya televisi plasma, proyeksi belakang dan sinar katoda terus dijual. Kelemahan dari teknologi ini adalah terkadang lampu latar bisa padam melalui piksel yang dimatikan, dan rasio kontrasnya menurun. Kabar baiknya adalah cara Anda menggunakan televisi membuat perbedaan dari rasio kontras yang dirasakan dari spesifikasi pabrikan. Duduk pada sudut pandang yang optimal dan memancarkan sumber cahaya eksternal saat Anda menonton televisi akan membuat perbedaan besar pada pengalaman menonton Anda.

Saturasi warna kurang kuat pada televisi LCD daripada pada plasma, tetapi tergantung pada pilihan Anda, ‘ketajaman’ gambar yang ditingkatkan yang mungkin dimiliki oleh TV LCD Samsung, TV Sharp, dan TV Sony ada dalam persepsi Anda tentang kualitas gambar. Sejumlah besar kelemahan televisi LCD dengan mudah dikompensasi – hanya penggemar kualitas gambar yang biasanya menganggap set plasma atau pengaturan belakang lebih mahal, rapuh, keausan daya atau belakang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button