Teknologi

Melangkah Lebih Jauh dan Lebih Cepat Berkat Kemitraan Strategis

Saya suka membuat kemitraan, saya suka tidak harus menanggung seluruh cerita kreatif. ‘ – Steven Spielberg

Alih-alih mencoba melakukan semuanya sendiri, kemitraan strategis dapat menjadi cara yang efektif untuk mengembangkan bisnis. Karena setiap mitra memanfaatkan aset yang berbeda, mereka dapat memperluas atau menembus pasar yang lebih dalam untuk produk yang ada dan yang dipertimbangkan, bersaing di pasar baru, mendapatkan akses ke saluran distribusi baru, mendapatkan manfaat dari citra merek yang positif, atau meningkatkan model bisnis baru . Kemitraan sangat berharga bagi perusahaan yang ingin memasuki pasar atau bisnis tertentu dengan cepat karena gangguan teknologi, pendatang baru, atau pergerakan agresif oleh pesaing.

Tidak heran mereka dapat menggunakan berbagai abu-abu dari usaha patungan untuk menjalin aliansi yang lebih longgar dan seringkali memiliki fokus khusus:

Kemitraan pemasaran strategis memungkinkan perusahaan yang tepat (seperti audiens target, persepsi / nilai merek, dll.) untuk meningkatkan citra merek mereka dan meningkatkan kesadaran dengan cara yang efektif dan sinergis, menggabungkan dua anggaran merek dan pemasaran toko.

Misalnya, kemitraan antara Christian Dior Fusion Sneakers dan Colette memberi Christian Dior kesempatan untuk meluncurkan lini baru sepatu funky, inovatif, mewah (kombinasi sepatu tradisional dan sepatu couture Dior) di jaringan distribusi eksklusif dan bergengsi Colette. Bagi Colette, terpilihnya sebagai toko tempat sepatu pertama kali muncul menghasilkan PR yang luar biasa bagi peritel penentu tren.

Jika mitra berada di bagian yang berbeda dari pasar yang sama, pelanggan dapat merujuk satu sama lain dan mitra dapat tumbuh melampaui basis pelanggan masing-masing seperti yang diilustrasikan oleh kolaborasi berkelanjutan H&M dengan desainer haute couture seperti Karl Lagerfeld, Lanvin atau Alexander Wang | Hal ini memungkinkan H&M untuk menawarkan barang-barang bermerek fashion mewah dalam waktu yang terbatas untuk mendorong orang ke tokonya dan mendukung posisi merek sebagai tujuan fashion yang trendi. Desainer haute couture meningkatkan kesadaran akan merek mereka sendiri dan menjalin ikatan dengan generasi baru calon pelanggan, yang diharapkan memiliki lebih banyak koleksi dari koleksi mewah mereka.

Hal ini juga dapat terjadi di pasar produk yang berbeda seperti halnya kolaborasi antara perusahaan kamera mewah Leica dan merek fashion mewah Moncler. Kamera ‘fashion’ edisi terbatas membuat pembelian aspirasi yang sempurna untuk audiens target kelas atas dan mencerminkan selera estetika pemilik kamera.

Kolaborasi pemasok strategis mungkin termasuk produsen, distributor, atau vendor. Mereka memberikan keamanan pasokan (termasuk produk baru yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik) dan dapat menghasilkan diskon khusus dan harga yang lebih rendah, contoh klasiknya adalah Apple dan Google bekerja sama dengan banyak pengembang aplikasi kecil untuk menciptakan ekosistem layanan seluler.

Hubungan seperti itu terkadang menyebabkan skizofrenia. Pemasok utama microchip Apple untuk iPhone adalah Samsung, saingan utamanya di pasar smartphone. Mereka bersaing secara agresif di pasar sambil bekerja sama dengan desain semikonduktor yang dijual oleh Samsung ke Apple.

Kemitraan pemasok strategis juga dapat diciptakan untuk memberikan keunggulan kompetitif yang unik kepada salah satu mitra. H&M telah bermitra dengan I: CO, sebuah perusahaan logistik, karena telah mulai menawarkan pelanggan kesempatan untuk membawa pakaian lama mereka ke tokonya dan menerima diskon untuk item baru. Saya: CO mengirimkan beberapa pakaian bekas ke pasar bekas atau untuk didaur ulang.

Mitra teknologi strategis membantu bisnis berbagi beban biaya tinggi yang sering dikaitkan dengan teknologi baru. Kebutuhan untuk mengembangkan listrik, hibrida, sel bahan bakar hidrogen dan bentuk propulsi lainnya, dan pada saat yang sama juga untuk melakukan investasi besar dalam mesin bensin dan diesel mereka telah membuat merek mobil seperti Toyota bermitra dengan saingannya BWM pada teknologi sel bahan bakar.

Kolaborasi teknologi juga dapat menyatukan perusahaan dari berbagai industri seperti Allianz yang bekerja dengan Google untuk membuat pusat “akselerator” di Munich, untuk memelihara perusahaan yang ingin menggunakan analisis data untuk meningkatkan pasar asuransi.

Mereka juga mampu menyatukan perusahaan yang beroperasi di berbagai bagian spektrum teknologi seperti aliansi Apple dan IBM. Analitik data besar IBM dan lebih dari 100.000 konsultan penjualan industri dan pengembang perangkat lunak membantu Apple menembus pasar perusahaan korporat global dengan kelas aplikasi baru untuk menghubungkan pengguna ke data besar dan analitik di perangkat iOS.

Terlepas dari semua kesuksesan itu, menjalin hubungan kerja seringkali sulit. Mereka mirip dengan pernikahan yang nyaman, di mana kepercayaan dan rasa hormat sering diuji oleh persaingan yang mendasari dan pertengkaran sesekali.

Aturan untuk mencapai kemitraan yang sukses berlimpah, tetapi fokus harus dipertahankan untuk bekerja dengan perusahaan dengan visi dan budaya yang sama, dan membangun kepercayaan secara berkelanjutan melalui kolaborasi yang terbuka dan transparan. Namun, sebagian besar kemitraan tidak persis seperti yang diharapkan, jadi fleksibilitas seperti biasa adalah kuncinya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button